masa muda gue dirampas sama tugas bukan sama narkoba,rokok,dan segala tetek bengeknyaitu u,u
Kamis, 28 November 2013
'-')6
ini mau ngepost apaan ya? bingung gue gak ada inspirasi lagi-_-
ng.....oke! gue mau kasih saran aja buat yg mau masuk SMAN 8 Tangerang
Saran?!!ini acara apaan?! ini tempat Pelayanan Masyarakat ada kritik dan sarannya?!! #loh
oke balik ke topik awal.. jadi gini ceritanya, Zaman dahulu kala atau kalo kata dongeng mah bilangnya Once upon a time caelahhhhh sok keren amat yak pake bahasa inggris hahahahah oke balik lagi ke topik kita. Saran. oke, saran! hmm btw tadi gue mau kasih saran apa ya? gue lupa! aaaaaa gimana ini?!! dunia api akan mulai menyerang!!!! Aang selamatkan akuuuuu!!!!!
oke gue mulai gila-_- maaf pemirsahhhh. damai yak kalo kata anak gaul mah Peace eaaaaa inggris deui #lol
hahahahah oke kali ini gue serius kasih saran, serius bener bro. gak percaya? mau gue sumpah nih? lo mau gue sumpah demi apa? demi apa aja nih bro gue jabanin asal jangan demi lo aja. itu menjijikan #okeinimaksud -_-
saran gue kalo mau sekolah di SMAN 8 Tangerang, bae-bae deh lu pada, mesti kuat iman coy, pr nya banyak banget! sumpah gak boong yg ini beneran! cape gila presentasi terus, tugas terus. gak ada waktu main bro. tapi ya kalo lo anaknya gak peduli sama tugas pasti lebih banyak waktu main yekan... yah intinya sih bisa dibilang
#SaongVizta
FUTURISTIK
#Hacker
kali ini cara jadi Hacker..
cekidotttt bro '-')~
At SMAN 8 Tangerang
Apa yang ada dalam tulisan ini adalah hasil rangkuman dari tulisan salah satu hacker yang ada dalam daftar 6 hacker top sedunia, yaitu Eric S Raymond. Okay, let’s check this out!
1. Berpikirlah Seperti Seorang Hacker
Bagaimana seorang hacker berpikir? Apa yang ada di otak seorang hacker? Seorang hacker selalu memikirkan bagaimana caranya menyelesaikan suatu masalah dan bagaimana caranya membuat sesuatu. Seorang hacker juga sangat menghargai kebebasan dan mau menolong dengan sukarela. Kalau ingin menjadi hacker, seseorang harus memiliki attitude ini.
Dunia ini dipenuhi berbagai permasalahan yang sangat menarik untuk diselesaikan. Dengan mencoba menyelesaikan permasalahan-permasalahan ini, seseorang akan mempertajam kemampuan dan melatih kecerdasannya. Ingat juga bahwa suatu permasalahan tidak perlu diselesaikan lebih dari sekali. Oleh karena itu jangan pernah merasa enggan untuk membagikan informasi dan solusi terhadap suatu permasalahan. Ini adalah tanggung jawab moral seorang hacker.
Budaya hacker adalah suatu budaya tentang pengakuan. Seseorang tidak dapat menyebut dirinya sendiri sebagai hacker. Seseorang tidak akan pernah benar-benar menjadi hacker sampai orang lain (para hacker) menyebutnya sebagai hacker. Untuk mendapatkan pengakuan ini tentu saja butuh usaha, kerja keras, dan kontribusi kepada komunitas. Beberapa hal yang dapat dilakukan untuk berkontribusi kepada komunitas:
Buatlah perangkat lunak (program) open source.
Investasikan waktu luang untuk membantu memperbaiki perangkat lunak open source dengan melakukan debugging.
Publikasikan informasi yang berguna.
Berikan bantuan untuk menjaga infratstruktur tetap berjalan.
2. Pelajari Pemrograman
Pelajarilah bagaimana caranya menulis program. Untuk benar-benar menjadi seorang hacker kemampuan pemrograman sangatlah penting. Para hacker menyelesaikan berbagai permasalahan yang mereka temui dengan menulis program. Cara paling mudah untuk mempelajari cara menulis program adalah dengan membaca dokumentasi yang ditulis oleh para masternya. Kemudian cobalah menulis program sedikit demi sedikit. Teruslah berlatih untuk mencapai suatu level kemampuan pemrograman yang cukup baik. Jika sudah cukup percaya diri dengan suatu bahasa pemrograman, cobalah untuk mempelajari bahasa pemrograman lainnya. Mempelajari beberapa bahasa pemrograman akan mengajarkan kita memandang suatu permasalahan dari sisi lain.
3. Kenali dan Gunakan Unix/Linux
UNIX dan sistem operasi yang mengadopsi konsep yang sama seperti Linux dan BSD adalah sistem operasi utama Internet. Namun untuk menggunakan UNIX seseorang mungkin harus mengeluarkan uang dalam jumlah yang cukup besar. Solusinya adalah menggunakan sistem operasi yang open source seperti GNU/Linux (dengan berbagai pilihan distribusi) dan FreeBSD (dan turunan BSD lainnya). Pelajarilah Linux, gunakan distro yang mudah dan ramah untuk pemula seperti Ubuntu. Pasanglah sistem operasi ini di PC atau laptop dan gunakan untuk bekerja/bermain sehari-hari.
Mungkin sebagian orang akan berpikir mengapa harus menggunakan Unix/Linux/FreeBSD? Apakah tidak bisa menggunakan sistem operasi lain? Sistem operasi tertutup seperti Microsoft Windows dan Mac OS tidak akan mengizinkan seseorang untuk mempelajari kode sumbernya apalagi melakukan modifikasi. Belajar menjadi hacker menggunakan sistem operasi seperti itu ibarat belajar menari dengan tubuh dicor.
4. Pelajari HTML
HTML adalah mainan hacker yang telah mengubah dunia. Belajarlah bagaimana cara menggunakan World Wide Web dan menulis kode HTML. Menggunakan Word Wide Web bukan berarti sekedar menggunakan browser dan berselancar di dunia maya melainkan bagaimana caranya membangun suatu situs menggunakan bahasa penanda web (web markup language). Cobalah membangun home page menggunakan sintaks-sintaks HTML.
Sudah siap menjadi seorang hacker sobat dblogger?
Kerajaan Turki Usmani
kali iniiiiii tugas presentasi agama temanya Kerajaan Turki Usmani
cekidot...
At SMAN 8 Tangerang
A. Latar Belakang
Pendiri kerajaan ini adalah bangsa Turki dari Kabilah Oghuz / Ughuj yang mendiami daerah Mongol dan daerah Utara Negeri Cina. Pada Abad ke-13 M, saat Chengis Khan mengusir orang-orang Turki dari Khurasan dan sekitarnya. Kakenya Usman, yang bernama Sulaiman bersama pengikutnya bermukim di Asia kecil. Dari perjalanan tersebut Sulaiman, ia tenggelam ketika menyemberangi sungai Efrat (dekat Allepo). Sulaiman mempunyai empat saudara yang bernama, Shunkur, Gundogdur, al-Thugril, dan Dundar. Dua puteranya kembali ke tanah air mereka. Sementara yang kedua terakhir bermukim di Asia kecil. Di sana mereka di bawah pimpinan Sultan Alauddin di Kunia. Saat Mongol menyerang sultan Alauddin di Anggara (kini Angkara), al-Thugril membantu mengusir Mongol, sehingga berkat jasanya itu, Alauddin memberikan daerah Iski Shahr dan sekitarnya. Al-Thugril, mendirikan ibukota bernama Sungut, di sana lahir anak pertama bernama Usman pad 1258 M. Al-Thugril meninggal pada 1288 M. dan ia mendeklarasikan dirinya sebagai Sultan, maka sejak itulah berdiri Dinasti Turki Usman.
B. Silsilah Keturunan / Kekuasaan
Sultan Alauddin meninggal pada 1300 M / 699 H, maka Usman mengumumkan diri sebagai Sultan yang berdaulat penuh. Namun tidak langung diakui oleh banyak orang. Pada masa Usman hanya memiliki wilayah yang sangat kecil, ia meninggal pada 1326 M. kemudian puteranya naik tahta yang bernama Orkhan (Urkhun) pada usia 42 tahun. Pada masanya ia membentuk tiga pasukan utama, tentara Siphai (tentara reguler), tentara Hazeb (tentara ireguler), tentara Jenisari (pasukan direkrut pada usia dua belas tahun).
Selanjutnya kekuasaan beralih kepada puteranya Murad I, yang telah berhasil menaklukan, Adrianopol, Masedonia, Bulgaria, Serbia, Kosovo dan Asia kecil. Murad I bergelar Alexander abad pertengahan. Murad digantikan oleh puteranya Bayazid I, yang bergelar Ildrim (kilat), terjadi pertempuran dengan tentara Mongol yang dipimpin oleh Timur Lenk, sehingga Bayazid I bersama puteranya Musa tertawan dan wafat dalam tawanan tahun 1403 M. Pada masa ini Turki Usmani mulai mengalami kemunduran. Kemudian dilanjutkan oleh Muhammad, ia berhasil memulihkan kondisi menjadi stabil sehingga para sejarawan mensejajarkan dia dengan Umar II dari Dinasti Umayyah.
Setelah ia meninggal digantikan oleh Murad II (1421-1451 M),, ia mengembalikan cintra Murad I, yaitu dengan merebut kembali daerah-daerah Eropa (Kosovo). Ia banyak mendirikan Masjid dan Sekolah. Penggatinya adalah Muhammad II (1451-1484M), dengan gelar Al-Fatih, ia telah berhasila menaklukkan kota Konstantinopel pada 25 Mei 1453. Dan juga ia menaklukkan Venish, Italy, Rhodos, dan Cremia yang terkenal denan Konstantinopel II. ia menerapkan UU islam dalam qanun namah. Setelaha abad ke-16 M atauran ini dilonggarkan. Al-fatih meninggal, digantikan anaknya Bayazid II, kemudian digantikan oleh anaknya Salim I, ia sangat kejam, dalam sejarah Eropa dikenal sebagai Salim the Grim. Ia menaklukkan Asia Kecil, Persia, Kaldiran, dan Mesir. Dan juga berhasil menaklukkan Sultan Mamluk (1517 M). ia memindahkan Khalifah boneka Bani Abbas ke Konstantinopel yang bernama Ahmad dan mengambil gelar secara sakral yang kemudian digunakan oleh sultan Turki, Salim I, sehingga kota tersebut berubah menjadi Istambul.
Selanjutnya digantikan oleh Sulaiman Agung (1520-1566), mendapat julukan Sulaiman al-Qanuni, pada masanya disusun sebuah kitab undang-undang (qanun), Kitab tersebut diberi nama Multaqa al-Abhur dan berhasil membawa kejayaan islam, dan ia pula berhasil menterjemahkan Al-Qur’an dalam bahasa Turki. Sulaiman jug berhasil menundukkan Irak, Belgrado, Pulau Rodhes, Tunis, Budapest, dan Yaman. Dengan demikian, luas wilayah Turki Usmani pada masanya mencakup Asia Kecil, Armenia, Irak, Siria, Hejaz, dan Yaman di Asia; Mesir, Libia, Tunis, dan Aljazair di Afrika; Bulgaria,Yunani, Yugoslavia, Albania, Hongaria, dan Rumania di Eropa.
Sulaiman al-Qanuni diganti oleh Salim II (1566-1573 M), Di masa pemerintahannya terjadi pertempuran antara armada laut Kerajaan Usmani dengan armada laut Kristen yang terdiri dari angkatan laut Spanyol, angkatan laut Bundukia, angkatan laut Sri Paus, dan sebagian kapal para pendeta Malta yang dipimpin Don Juan dari Spanyol. Pertempuran itu terjadi di Selat Liponto (Yunani). Dalam pertempuran ini Turki Usmani mengalami kekalahan yang mengakibatkan Tunisia dapat direbut oleh musuh.
Selanjunya digantikan oleh Sultan Murad III (1574-1595 M) berkepribadian jelek dan suka memperturutkan hawa nafsunya, namun Kerajaan Usmani pada masanya berhasil menyerbu Kaukasus dan menguasai Tiflis di Laut Hitam (1577 M), merampas kembali Tabnz, ibu kota Safawi, menundukkan Georgia, mencampuri urusan dalam negeri Polandia, dan mengalahkan gubernur Bosnia pada tahun 1593 M. Namun kehidupan moral Sultan yangjelek menyebabkan timbulnya kekacauan dalam negeri.
Kekacauan ini makin menjadi-jadi dengan tampilnya Sultan Muhammad III (1595-1603M), pengganti Murad III, yang membunuh semua saudara laki-lakinya berjumlah 19 orang dan menenggelamkan janda-janda ayahnya sejumlah 10 orang demi kepentingan pribadi. Dalam situasi yang kurang baik itu, Austria berhasil memukul Kerajaan Usmani.
Sultan Ahmad I (1603-1617 M), pengganti Muhammad III, sempat bangkit untuk memperbaiki situasi dalam negeri, tetapi kejayaan Kerajaan Usmani di mata bangsa-bangsa Eropa sudah mulai memudar.
Sesudah Sultan Ahmad I ( 1603-1617 M), situasi semakin memburuk dengan naiknya Mustafa I (masa pemerintahannya yang pertama (1617-1618 M) dan kedua, (1622-1623 M). Karena gejolak politik dalam negeri tidak bisa diatasinya, Syaikh al-Islam mengeluarkan fatwa agar ia turun dari tahta dan diganti oleh Usman II (1618-1622 M). Namun yang tersebut terakhir ini juga tidak mampu memperbaiki keadaan. Dalam situasi demikian bangsa Persia bangkit mengadakan perlawanan merebut wilayahnya kembali. Kerajaan Usmani sendiri tidak mampu berbuat banyak dan terpaksa melepaskan wilayah Persia tersebut.
Langkah-langkah perbaikan kerajaan mulai diusahakan oleh Sultan Murad IV (1623 – 1640 M). Pertama-tama ia mencoba menyusun dan menertibkan pemerintahan. Pasukan Jenissari’ yang pernah menumbangkan Usman II dapat dikuasainya. Akan tetapi, masa pemerintahannya berakhir sebelum ia berhasil menjernihkan situasi negara secara keseluruhan. Situasi politik yang sudah mulai membaik itu kembali merosot pada masa pemerintahan Ibrahim I (1640-1648 M), karena ia termasuk orang yang lemah. Pada masanya ini orang-orang Venetia melakukan peperangan laut melawan dan berhasil mengusir orang-orang Turki Usmani dari Cyprus dan Creta tahun 1645 M. Kekalahan itu membawa Muhammad Koprulu (berasal dari Kopru dekat Amasia di Asia Kecil) ke kedudukan sebagai wazir atau shadr al-a’zham (perdana menteri) yang diberi kekuasaan absolut. Ia berhasil mengembalikan peraturan dan mengkonsolidasikan stabilitas keuangan negara. Setelah Koprulu meninggal (1661 M), jabatannya dipegang oleh anaknya, Ibrahim.
Ibrahim menyangka bahwa kekuatan militernya sudah pulih sama sekali. Karena itu, ia menyerbu Hongaria dan mengancam Vienna. Namun, perhitungan Ibrahim meleset, ia kalah dalam pertempuran itu secara berturut-turut. Pada masa-masa selanjutnya wilayah Turki Usmani yang luas itu sedikit demi sedikit terlepas dari kekuasaannya, direbut oleh negara-negara Eropa yang baru mulai bangun. Pada tahun 1699M terjadi “Perjanjian Karlowith” yang memaksa Sultan untuk menyerahkan seluruh Hongaria, sebagian besar Slovenia dan Croasia kepada Hapsburg; dan Hemenietz, Padolia, Ukraina, Morea, dan sebagian Dalmatia kepada orang-orang Venetia.
Pada tahun 1770 M, tentara Rusia mengalahkan armada Kerajaan Usmani di sepanjang pantai Asia Kecil. Akan tetapi, tentara Rusia ini dapat dikalahkan kembali oleh Sultan Mustafa III (1757-1774 M) yang segera dapat mengkonsolidasi kekuatannya.
Sultan Mustafa III diganti oleh saudaranya, Sultan Abd al-Hamid (1774-1789 M), seorang yang lemah. Tidak lama setelah naik tahta, di Kutchuk Kinarja ia mengadakan perjanjian yang dinamakan “Perjanjian Kinarja” dengan Catherine II dari Rusia. Isi perjanjian itu antara lain:
1. Kerajaan Usmani harus menyerahkan benteng-benteng yang berada di Laut Hitam kepada Rusia dan memberi izin kepada armada Rusia untuk melintasi selat yang menghubungkan Laut Hitam dengan LautPutih, dan
2. Kerajaan Usmani mengakui kemerdekaan Kirman (Crimea).
Demikianlah proses kemunduran yang terjadi di Kerajaan Usmani selama dua abad lebih setelah ditinggal Sultan Sulaiman al-Qanuni. Satu persatu negeri-negeri di Eropa yang pernah dikuasai kerajaan ini memerdekakan diri. Bukan hanya negeri-negeri di Eropa yang memang sedang mengalami kemajuan yang memberontak terhadap kekuasaan Kerajaan Usmani, tetapi juga beberapa daerah di Timur Tengah mencoba bangkit memberontak.
Di Mesir, kelemahan-kelemanan Kerajaan Usmani membuat Mamalik bangkit kembali. Di bawah kepemimpinan Ali Bey, pada tahun 1770 M, Mamalik kembali berkuasa di Mesir, sampai datangnyaNapoleon Bonaparte dari Perancis tahun 1798 M.
Di Libanon dan Syria, Fakhral-Din, seorang pemimpin Dntze, berhasil menguasai Palestina, dan pada tahun 1610 M merampas Ba’albak dan mengancam Damaskus. Fakhr al-Din baru menyerah tahun 1635 M. Di Persia, Kerajaan Safawi ketika masih jaya beberapa kali mengadakan perlawanan terhadap Kerajaan Usmani dan beberapa kali pula ia keluar sebagai pemenang.
Sementara itu, di Arabia bangkit kekuatan baru, yaitu aliansi antara pemimpin agama Muhammad ibn Abd al-Wahhab yang dikenal dengan gerakan Wahhabiyah dengan penguasa lokal Ibn Sa’ud. Mereka berhasil menguasai beberapa daerah di jazirah Arab dan sekitarnya di awal paroh kedua abad ke-18 M.
Pemberontakan-pemberontakan yang terjadi di Kerajaan Usmani ketika sedang mengalami kemunduran. Gerakan-gerakan seperti itu terus berlanjut hingga abad ke-19 dan ke-20 M.
Rabu, 27 November 2013
Pelaku Pasar Modal
yang termasuk Pelaku Pasar Modal yaitu :
1. Emiten
Perusahaan yang akan melakukan penjualan surat-surat berharga atau melakukan emisi di bursa disebut emiten.
Tujuan emiten dalam rapat umum pemegang saham (RUPS)
1) Perluasan usaha
Modal yang diperoleh dari para investorakan digunakan untuk meluaskan bidang usaha, perluasan pasar atau kapasitas produksi
2) Memperbaiki struktur modal
Menyeimbangkan antara modal sendiri dengan modal asing
3) Mengadakan pengalihan pemegang saham
Pengalihan dari pemegang saham lama kepada pemegang saham baru
2. Investor
Pemodal yang akan membeli atau menanamkan modalnya diperusahaan yang melakukan emisi disebut investor
Sebelum membeli surat berharga yang ditawarkan, Investor biasanya melakukan penelitian dan analisis tertentu. Penelitian ini mencakup bonafiditas perusahaan, prospek usaha emiten dan analisis lainnya
Tujuan utama para investor dalam pasar modal :
1) Memperoleh deviden
Ditujukan kepada keuntungan yang akan diperolehnya berupa bunga yang dibayar oleh emiten dalam bentuk deviden.
2) Kepemilikan Perusahaan
Semakin banyak saham yang dimiliki, semakin besar pengusahaan menguasai perusahaan
3) Berdagang
Saham dijual kembali pada saat harga tinggi, pengharapannya adalah pada saham yang benar-benar dapat menaikkan keuntungannya dari jual beli sahamnya.
3. Lembaga Penunjang
Fungsi lembaga penunjang ini antara lain turut serta mendukung beroperasinya pasar modal, sehingga mempermudah baik emiten maupun investor dalam melakukan berbagai kegiatan yang berkaitan dengan pasar modal
4. Penjamin Emisi
Merupakan lembaga yang menjamin terjualnya saham/obligasi sampai batas waktu tertentu dan dapat memperoleh dana yang diinginkan emiten
5. Perantara Perdagangan Efek
Merupakan perantara antara si penjual ( emiten ) dengan si pembeli ( investor )
Kegiatan-kegiatan yang dilakukan perantara perdagangan efek antara lain:
1) Memberikan informasi tentang emiten
2) Melakukan penjualan efek kepada investor
6. Perdagangan Efek
Berfungsi sebagai :
1) Pedagang dalam jual beli efek
2) Sebagai perantara dalam jual beli efek
7. Penanggung
Merupakan lembaga penengah antara si pemberi kepercayaan dengan si penerima kepercayaan dan juga merupakan lembaga yang di percaya oleh investor sebelum menanamkan dananya
8. Wali Amanat
Jasa wali amanat diperlukan sebagai wali dari si pemberi amanat ( investor)
Kegiatan wali amanat :
1) Menilai kekayaan emiten
2) Menganalisis kemampuan emiten
3) Melakukan pengawasan dan perkembangan emiten
4) Memberi nasehat kepada para investor dalam hal yang berkaitan dengan emiten
5) Memonitor pembayaran bunga dan pokok obligasi
6) Bertindak sebagai agen pembayaran
9. Perusahaan Surat Berharga
Mengkhususkan diri dalam perdagangan surat berharga yang tercatat di bursa efek.
Kegiatan perusahaan surat berharga :
1) Sebagai pedagang efek
2) Penjamin emisi
3) Perantara perdagangan efek
4) Pengelola dana
10. Perusahaan Pengelola Dana
Mengelola surat-surat berharga yang akan menguntungkan sesuai dengan keinginan investor
Terdiri dari 2 unit, yaitu :
1) Pengelola dana
2) Penyimpan dana
11. Kantor Administrasi Efek
Merupakan kantor yang membantu emiten maupun investor dalam rangka memperlancar administrasinya
Fungsi :
1) Membantu emiten dalam rangka emisi
2) Melaksanakan kegiatan menyimpan dab pengalihan hak atas saham para investor
3) Membantu menyusun daftar pemegang saham
4) Mempersiapkan koresponden emiten kepada para pemegang saham
5) Membuat laporan-laporan yang diperlukan
nah, tadi itu tugas Ekonomi XI IPS 3 SMAN 8 Tangerang ^-^
#biologi(lagi)
kali ini temanya Vertebrata, ini tugas presentasi kelompok dikelas X7 SMAN 8 Tangerang
cekidotttt....
Pengertian :
Vertebrata merupakan kelompok hewan yang memiliki tulang belakang
Istilah Vertebrata berasal dari bahasa Latin, yaitu vertebrae yang artinya bertulang belakang. Vertebrata merupakan suatu anak filum dari hewan yang memiliki sumbu saraf atau otak
Dalam sistem klasifikasi, vertebrata merupakan subfilum dari filum Chordata. Vertebrata adalah subfilum terbesar dari Chordata
Vertebrata memiliki sistem otot yang banyak terdiri dari pasangan massa, dan juga sistem saraf pusat yang biasanya terletak di dalam tulang belakang
Sistem respirasi menggunakan insang atau paru-paru.
Ciri-Ciri :
memiliki rangkaian tulang kecil (vertebra) yang memanjang pada bagian dorsal dari kepala hingga ekor.
Rangkaian vertebra yang disebut tulang punggung ini membentuk sumbu kerangka menggantikan notokord.
Tubuh terdiri atas kepala, badan, dua pasang anggota badan, dan ekor pada sebagian vertebrata.
Kulit tersusun atas dua bagian yaitu epidermis dan dermis dan menghasilkan rambut, sisik, bulu, kelenjar atau horn
Endoskeleton tersusun dari tulang atau tulang rawan
Otot melekat pada endoskeleton untuk bergerak
pencernaan memiliki kelenjar pencernaan, hati, dan pankreas
Jantung beruang 2 hingga 4Darah menandung sel darah putih dan sel darah merah berhemoglobin
Rongga tubuh mengandung sistem viseral
Ginjal sepasang dengan saluran untuk mengeluarkan zat sisa
Gonad sepasang pada betina dan jantan Faring bercelah, yang merupakan tempat insang pada ikan namun pada hewan darat hanya terdapat pada tingkat embrio
Faring bercelah, yang merupakan tempat insang pada ikan namun pada hewan darat hanya terdapat pada tingkat embrio
Klasifikasi :
1. Superkelas Agnatha
ciri-ciri :
tidak berahang
siripnya tidak berpasangan
rangka tubuhnya tersusun atas tulang rawan
jantungya hanya memiliki satu ventrikel
Hewan yang tergolong agnatha berbadan panjang dan ramping seperti belut serta tidak memiliki rahang.
Digolongkan menjadi dua kelas, yaitu :
a. Kelas Condrichthyes
Condrichthyes berasal dari bahasa Yunani, yaitu condros yang berarti tulang rawan dan ichthyes yang berarti ikan
Semua jenis ikan yang termasuk dalam kelas Condrichthyes memiliki tulang rawan, mulut dan lubang hidungnya ventral. Celah-celah pharyngeal yang terlihat dari luar berjumlah 5 atau lebih dan jantungnya hanya memiliki satu ventrikel.
b. Kelas Osteichthyes
Osteichthyes berasal dari bahasa Yunani, yaitu osteon yang berati tulang dan ichthyes yang berarti ikan. Semua jenis ikan yang termasuk dalam kelas Osteichthyes memiliki sebagian tulang keras, mulut dan lubang hidungnya ventral, celah-celah pharyngeal tertutup (tidak terlihat dari luar) dan jantungnya hanya memiliki satu ventrikel
2. Superkelas Gnathostomata
Hewan ini memiliki rahang bersendi yang dapat digerakkan ke atas dan ke bawah.
Hewan ini di golongkan menjadi enam kelas yaitu :
a.Kelas Chonrichthyes
Ciri-ciri:
memiliki kerangka yang tersusun dari tulang rawan
mulut yang berahang kuat terletak di bagian bawah tubuh
celah insang berjumlah lima, meskipun ada yang berjumlah tiga, enam, atau tujuh celah insang
kulit ulet dan kasar bergigi karena adanya sisik gelakoid
adanya sepasang pendekep (klasper) pada hewan jantan yang berfungsi untuk menyalurkan sperma ke kloaka betina
usus pendek dan lebar berisi membran ulir untuk menyerap makanan lebih lama
hati berukuran sangat besar untuk membantu pencernaan makanan
fertilisasi terjadi secara internal
bersifat ovipar, yaitu mengeluarkan telur hasil fertilisasi, atau ovovivipar yaitu membawa telur hasil fertilisasi di dalam saluran telur selama perkembangannya hingga menetasIkan bertulang rawan sebagian besar hidup di laut.
b. Kelas Osteichthyes
memiliki kerangka yang tersusun dari tulang keras yang mengandung matriks kalsium fosfat
mulut terdapat di bagian depan tubuh
celah insang satu di masing-masing sisi kepala
sirip ekor memiliki panjang yang sama pada bagian atas dan bawah
kulit licin karena sekresi mukus oleh kelenjar pada kulit
adanya gelembung renang sehingga tidak tenggelam saat tidak bergerak
sistem gurat sisi terdapat pada sisi tubuh
usus panjang dan ramping menggulung
fertilisasi terjadi di luar
mengeluarkan telurnya atau bersifat ovipar
c. Kelas Amphibia
umumnya hidup di dua tempat, yaitu darat dan air selama metamorfosisnya
berkulit licin tidak bersisik
menggunakan energi lingkungannya untuk mengatur suhu tubuhnya sehingga tergolong hewan eksoterm
fertilisasi secara eksternal di air tau tempat lembab
menghasilkan telur (bersifat ovipar) yang tidak bercangkang
Tidak semua jenis Amphibia hidup di dua tempat kehidupan.Beberapa jenis katak, salamander, dan caecilian ada yang hanya hidup di air dan ada yang hanya di darat.Namun habitatnya secara keseluruhan dekat dengan air dan tempat yang lembap seperti rawa dan hutan hujan tropis
d. Kelas reptilia
Reptilia (dalam bahasa latin, reptil = melata)
memiliki kulit bersisik yang terbuat dari zat tanduk (keratin).
Sisik berfungsi mencegah kekeringan.
anggota tubuh berjari lima
bernapas dengan paru-paru
jantung beruang tiga tau empat
menggunakan energi lingkungan untuk mengatur suhu tubuhnya sehingga tergolong hewan eksoterm
fertilisasi secara internal
menghasilkan telur sehingga tergolong ovipar dengan telur amniotik bercangkang
Reptil hidup hidup di air dan darat
Hewan berdarah dingin
e. Kelas Aves
Aves atau burung memiliki bulu yang terbuat dari keratin.
Bulu yang membentuk sayap berperan untuk
berparuh dari bahan keratin
tidak bergigi
struktur tulang menyerupai sarang lebah sehingga kerangnya kuat namun ringan
memiliki empedal untuk menghacurkan makanan
lambung berotot besar
bernapas dengan paru-paru
jantung beruang empat
memiliki kantung udara
indera penglihatan sangat tajam
fertilisasi terjadi secara internal
bertelur sehingga tergolong hewan ovipar dengan ciri telur bercangkang dan kuning telur besar
mengerami telurnya dan merawat anaknya
Aves hidup di darat.
Kelompok ini dibedakan menjadi dua berdasarkan kemampuan terbangnya, yaitu :
1. Karinata
Burung yang tergolong karinata memiliki taju dada (carina)berfungsi menyokong otot dadanya yang besar.
Pada pinguin contohnya pinguin gentoo (Pygoscelis papua), yang merupakan karinata yang tidak terbang, otot dadanya digunakan untuk berenang di laut mencari makanan.
Hampir 60% spesies burung karinata tercakup dalam ordo passeriformes atau burung bertengger.
Burung bertengger memiliki jari kaki yang dapat mencengkeram dahan pohon.
Contoh burung ini adalah burung layang-layang besar (Hirundapus giganteus), burung merpati (Columbia livia), burung pipit (Anthus sp.), burung dara, dan berbagai burung pengicau
2. Ratita
burung yang tergolong ratita tidak memiliki taju dada pada tulang dadanya.
Otot dadanya juga tidak sebesar burung karinata.
Burung unta (Struthio camelus), kiwi (Apteryx australis), dan emu (Dromaius novaehollandiae) adalah contoh burung ratita.
f. Kelas mammalia
menghasilkan susu sebagai makanan anaknya.
Susu dihasilkanoleh kelenjar (mammae) yang terdapat di daerah perut atau dada.
Berambut
Memiliki tiga tulang telinga tengah.Ketiga ciri ini tidak dimiliki oleh vertebrata lainnya.
Pada paus dan lumba-lumba, rambut ada pada tahap tertentu perkembangan embrionya.
Rambut mammalia tersusun dari protein yang disebut keratin.
Rambut mammalia berfungsi tertentu, yaitu sebagai insulasi yang memperlambat pertukaran panas dengan lingkungan, segabai indera peraba antara lain pada kumis, sebagai pelindung dari gesekan maupun sinar matahari, sebagai penyamar atau pertahanan untuk melindungi dari mangsa, dan sebagai penciri kelamin.
Kelompok Prototheria
bertelur sehingga tergolong ovipar.
Embrio berkembang di dalam telur dengan menggunakan kuning telur sebagai sumber makanannya.
Setelah menetas hewan ini akan menghisap susu dari rambut induknya, karena induk ini tidak memiliki puting susu.
Hewan ini digolongkan sebagai ordo Monotremata.
contohnya adalah platipus (Ornithorhynchus anatinus) dan echidna.
Kelompok Metatheria
melahirkan anaknya saat embrio masih pada tahap awal sehingga masa kehamilannya singkat.
Contohnya kanguru merah, anaknya yang masih berukuran sebesar lebah madu dilahirkan 33 hari setelah fertilisasi.Anak dalam tahap embrio tersebut dapat merangkak masuk ke dalam kantung induknya yang disebut marsupium.
Di dalam masupium embrio menyusu pada puting susu dan mengalami perkembangan selanjutunya.
Hewan ini digolongkan sebagai ordo Marsupialia atau hewan berkantung.
contohnya adalah kanguru (Macropus sp.), koala (Phascolarctos cinereus), dan opposum (Pucadelphys andinus).
Kelompok Eutheria
melahirkan anaknya yang telah menyelesaikan perkembangan embrioniknya di dalam rahim (uterus).
Embrio memperoleh nutrisi dari induknya melalui plasenta sehingga kelompok hewan ini disebut mammalia berplasenta
Peran Vertebrata bagi manusia
1. Sumber bahan makanan, misalnya daging, telur ayam, dan susu sapi
2. Sebagai bahan baku industri tekstil, misalnya pemanfaatan rambut domba untuk dijadikan wol
3. Sebagai objek penelitian, misalnya hewan mammalia
4. Sebagai hewan peliharaan, misalnya anjing, kucing, kelinci atau burung.
5. beberapa jenis vertebrata yang merugikan manusia misalnya tikus.Tikus dapat menjadi hama tanaman pertanian.
Langganan:
Postingan (Atom)